Senin, 28 September 2009

Iran Sukses Tembak Rudal Shahab-3

(Foto: Al Jazeera)

TEHERAN - Republik Islam Iran sukses menguji coba rudal jarak jauh Shahab-3 yang dapat menjangkau Israel dan pangkalan Amerika Serikat di wilayah Teluk.

Uji coba militer tersebut digelar hari ini, Senin (28/9/2009), oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC). Rudal Shahab-3 mampu menjangkau sasaran sejauh 1.300 sampai 2.000 kilometer.

Jaringan televisi Iran Press TV menyebut rudal permukaan-ke-permukaan Shahab-3 diuji dalam rangkaian manuver oleh IRGC semenjak Minggu kemarin. Sebelum Shahab-3, sejumlah model rudal jarak menengah Shahab-1 dan Shahab-2 telah diuji coba pada Minggu malam.

Komandan Angkatan Udara IRGC Brigadir Jenderal Hossein Salami mengatakan, rudal Shahab-2 dapat menghantam target sedikitnya 300 kilometer dan paling jauh 700 kilometer.

Latihan tersebut digelar bersamaan dengan meningkatnya ketegangan dalam isu nuklir Iran dengan Barat, setelah pekan lalu Teheran mengungkapkan tengah membangun pabrik pengayaan uranium kedua.

Tayangan Press TV menunjukkan sebuah rudal membumbung tinggi ke udara di tanah lapang seperti gurun, diiringi teriakan Allahu Akbar.

Pejabat Iran dan perwakilan enam kekuatan utama dunia dijadwalkan bertemu di Jenewa, Swiss, Kamis 1 Oktober mendatang.

Amerika Serikat dan sekutu Baratnya telah menyatakan akan fokus dalam isu program nuklir Iran pada pertemuan tersebut. Iran telah menawarkan pembahasan isu-isu keamanan, namun tidak akan membahas mengenai hak nuklirnya.(jri)

Tidak ada komentar: